Snape dan Itachi, Beda Dunia Dengan Nasib Mirip




Kebetulan saya baru selesai baca buku Harry Potter yang terakhir, Harry Potter and The Deathly Hallows. Isi buku terakhir ini untuk saya pribadi sangat memuaskan. Kepingan-kepingan informasi yang diberikan sejak buku pertama akhirnya saling terhubung di buku terakhir ini. Fakta-faktanya banyak yang cukup mengejutkan. Bahkan di halaman-halaman akhir cerita, saya sempat mau melompat langsung ke halaman akhir…hahahaha, penasaran soalnya. (Untung gak jadi, tapi isinya memang betul-betul keren).


Nah, hubungan buku Harry Potter ini dengan Itachi (tokoh dalam komik Jepang, Naruto) apa? Pasti ada yang sudah mengerti, tapi pasti banyak juga yang belum mengerti. Hehehehe..Gpp, karena saya juga iseng membuat hubungannya.


Yang ingin saya sorot adalah karakter Severus Snape dan Uchiha Itachi. Keduanya memiliki jalan hidup yang kira-kira sama. Apa itu? Mereka berdua berposisi sebagai agen ganda untuk pihak yang “baik” dan “tidak baik”.


Mari kita mulai dari Severus Snape. Pada buku keenam Harry Potter, Harry Potter and the Half-Blood Prince, Snape diceritakan sebagai pembunuh Albus Dumbledore. Hal ini tentu sangat mengejutkan karena Snape merupakan salah satu orang kepercayaan Dumbledore dan anggota dari Order of Phoenix. Sejak awal, Snape memang diceritakan sebagai salah satu pengajar yang sifatnya sangat mencurigakan dan merupakan salah satu pengikut Voldermort sebelum si You-Know-Who ini “dikalahkan” oleh bayi Potter.


Tapi apa yang terjadi di buku terakhir? Ada beberapa fakta-fakta yang mengejutkan. Ternyata dia merupakan agen ganda untuk Voldermort dan Dumbledore.


Severus Snape ternyata sengaja diplot oleh Dumbledore sebagai orang yang membunuhnya untuk mengecoh Voldermort. Ini untuk mempermudah Snape mendapatkan kepercayaan lebih dari Voldermort. Dumbledore pada saat sebelum kematiannya sudah berumur pendek karena melakukan sebuah kesalahan dan meminta Snape untuk membunuhnya. Oh iya, mereka berdua juga sudah merencanakan sejak awal bahwa waktu pemindahan Harry ke tempat aman akan dibocorkan ke Dark Lord untuk mendapat kepercayaan lebih.


Satu fakta menarik lainnya adalah Severus Snape ternyata menyukai Ibu Harry Potter, Lily Potter, sejak kecil dan sangat kecewa dengan Voldermort karena tidak memenuhi janjinya untuk tidak membunuh Lily. Dia pun datang ke Dumbledore dan dia disarankan oleh Dumbledore untuk tetap berpura-pura menjadi orang kepercayaan Voldermort untuk menjaga “peninggalan” Lily Potter, yaitu si Harry.


Sayangnya, Snape mati di tangan Voldermort demi mengklaim kepemilikan atas Tongkat Sihir terhebat.


Bagaimana dengan kisah Itachi? Dia juga tadi disebut sebagai agen ganda bukan?


Di komik Naruto Shippuden, Madara menceritakan (yang belum sepenuhnya dipercayai oleh Sasuke) bahwa Itachi merupakan agen ganda untuk Konoha dan klan Uchiha. Diceritakan bahwa klan Uchiha akan melakukan kudeta terhadap Konoha yang dianggap memperlakukan klan tersebut kurang pantas dan tidak dihargai mengingat klan tersebut merupakan salah satu klan terkuat dan termasuk pendiri Konoha.


Itachi yang dimasukkan sebagai mata-mata oleh klannya ternyata merupakan agen rahasia dari Konoha untuk memata-matai klan Uchiha. Itachi memilih untuk berpihak kepada Konoha, karena menganggap klo klan Uchiha melakukan kudeta, maka akan terjadi perang di mana-mana. Perlu dicatat bahwa Itachi besar pada Perang Dunia Ninja Ketiga yang membuat Itachi sadar bahwa perang hanya membawa penderitaan ke banyak orang.


Pada saat klannya akan kudeta, Itachi diperintahkan dari Konoha untuk membunuh semua anggota klannya. Pilihan sulit memang baginya, tapi karena lebih cinta damai, dia melakukannya untuk menjaga keseimbangan di dunia ninja.


Pada hari pengeksekusian, dia tidak tega membunuh adiknya, Uchiha Sasuke. Itachi juga meminta kepada Hokage ketiga untuk menjaga Sasuke dan tidak menceritakan alasan di balik penumpasan klan Uchiha.


Uchiha Itachi juga akhirnya tewas dalam pertempuran melawan adiknya sendiri, Uchiha Sasuke. Sasuke sudah berusaha sejak kecil untuk bisa membunuh kakaknya tersebut. Ternyata, Itachi memang sudah merencanakan dari awal bahwa dia akan mati di tangan adiknya, Sasuke.


Hmm, gimana? Mirip gak alur hidup kedua tokoh ini?


Ya, mereka berdua “hanya” sama-sama agen ganda dan membuat pilihan berdasarkan cinta mereka. Yang satu karena cintanya kepada teman perempuannya sejak kecil, yang satu karena cinta damai. Tapi peran dan juga pilihan mereka berdua sangat berpengaruh besar terhadap dunia mereka masing-masing.

Category: 1 komentar

1 komentar:

Moegy mengatakan...

hallo sobat,keren blognya. Maaf mau tanya bagaimana caranya mengubah background agar seperti milik anda ini?thanks